Skip to main content

Cara Mencegah dan Mengobati Influenza (Flu)

Sekarang ini musim sedang tidak menentu, terkadang udara begitu panas tapi tiba-tiba hujan lebat. Hal tersebut akan mempengaruhi kondisi tubuh kita. Jika tubuh tidak vit akan mudah terkena penyakit. Nah biasanya yang paling sering mudah terkena Flu atau influenza. Influenza merupakan penyakit menular dan mudah menjalar di masyarakat. Bagaimana penyakit tersebut bisa menular? Influenza disebabkan oleh adanya transmisi virus melalui udara.

Virus penyebab influenza adalah orthomyxovirus. Penularan tergantung pada ukurann partikel yang membawa virus tersebut ke dalam saluran pernafasan. Misalnya pada dosis infeksius 10 virus/ droplet 50% orang-orang akan menderita influenza. Kemudian virus ini akan melekat pada epitel sel di hidung dan saluran pernafasan. Setelah virus berhasil menembus masuk ke dalam sel maka dengan sifatnya virus tersebut bereplikasi. Jika virus sudah bereplikasi maka akan munculnya partikel-partikel virus yang baru sehingga akan menimbulkan reaksi pada tubuh.
mencegah flu, influenza, cegah pilek
Adapun gejala dari penyakit flu ini adalah : demam, sakit kepala, nyeri otot, batuk, pilek dan kadang-kadang sakit untuk menelan. Pencegahannya dapat dilakukan vaksin influenza. Vaksinn influenza mengandung virus subtype A dan B saja karena subtype C tidak berbahaya atau bisa dengan Nasal spray flu vaccine dapat digunakan untuk usia 5-50 tahun akan tetapi jangan diberikan pada wanita yanng sedang hamil.

Cara Mencegah dan Mengobati Influenza (Flu)

Adapun cara pencegahan yang paling mudah yaitu: minum multivitamin, makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, ketika banyak aktivitas tetap makan dengan teratur, gunakan masker ketika berada di luar terutama di tempat-tempat umum yang berpolusi, untuk pengguna kendaraan roda 2 gunakan jas hujan dan jaket ketika kehujanan, jika kehujanan segera mandi dengan air hangat dan makan atau minum yang hangat untuk tubuh kita. Mudah bukan? Jaga kesehatan jauh lebih penting ketimbang mengobati, sayangi diri sendiri dengan memperhatikan kesehatan kita sendiri Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar