Skip to main content

Fungsi dan Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Vitamin C atau nama farmako nya adalah asam askorbat memiliki fungsi untuk jaringan tubuh kita yaitu membantu proses penyembuhan luka. Vitamin C mudah diabsorpsi melalui saluran cerna. Kebutuhan sehari vitamin C adalah 35mg untuk bayi dan 60mg untuk orang dewasa. Kebutuhan vitamin C akan meningkat bila terjadi penyakit infeksi pada tubuh, pasca bedah atau trauma, kehamilan, menyusui dan penyakit neoplasma. Pada perokok diperkirakan membutuhkan vitamin C lebih banyak sekitar 50% dengan maksud mempertahankan kadar normal darah. Sedangkan pada masa hamil dann menyusui diperlukan tambahan vitamin C 10-25 mg/hari.

Fungsi dan Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

manfaat vitaminc, fungsi vitamin c
Defisiensi vitamin C atau kekurangan vitamin C memiliki gejalanya yaitu malas, mudah tersinggung, gangguan emosi, perdarahan pada hidung. Penyakit kekurangan vitamin C ini disebut skorbut. Orang yang suka mengkonsumsi alcohol rentan terhadap penyakit ini. Skorbut akan mengganggu jaringan tubuh, gangguan terlihat misalnya gusi melunak, mudah berdarah dann membengkak, biasanya gusi akan menutupi bagian gigi. Selain itu gangguan pada pembuluh darah sehingga walaupun terkena trauma yang ringan akan mudah terjadi perdarahan pada kulit, otot, gusi dan tulang. Jika tidak segera diatasi maka skorbut akan kejang, koma dan berakhir dengan kematian. Vitamin C ini memang diindikasikan untuk pencegahan penyakit skorbut, tetapi anda jangan mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan sekitar 1g/hari karena akan timbul efek samping seperti diare, kenapa bisa terjadi diare? Karena vitamin C dapat mengiritasi mukosa lambung jika dikonsumsi secara berlebihan, dan akan mengakibatkan pembentukan batu ginjal sehingga akan menyebabkan gagal ginjal contohnya jika sering mengkonsumsi minuman berenergi dalam dosis yang besar.

Vitamin C di pasaran ada dalam berbagai bentuk sediaan seperti bentuk tablet mengandung 50-1500 mg dan sediaan suntik mengandung vitamin C 100-500 mg. Pada buah-buahan terdapat pada jeruk, stroberi dan pepaya sedangkan pada sayuran terdapat pada brokoli (baca: resep makanan sehat bayi dengan brokoli), kembang kol, paprika (baca: manfaat paprika) dan tomat. Jeruk, kandungan vitamin C nya 30-50 mg dalam 100 gram buah jeruk, stroberi kandungan vitamin C nya yaitu 56,7 mg/ 100 gr buah stroberi, kira-kira mengkonsumsi 8 buah stroberi setiap hari maka kebutuhan vitamin C anda akan terpenuhi. Pepaya, satu buah papaya ukuran kecil sekitar 157 gr mengandung vitamin C 95,6 gram. Sedangkan pada sayuran yaitu brokoli kandungan vitamin C nya 118 mg setiap 100 gram brokoli. Tomat memiliki kandungan vitamin C 34 mg / 100 gram buah tomat. Kembang kol mengandung vitamin C 50 mg/100 gram kembang kol. Nah sudah tahukan beberapa buah-buahan dan sayuran yang menngandung vitamin C, cukupi kebutuhan vitamin C anda dari buah dan sayuran yang mengandunng vitamin C. Kurangilah konsumsi minuman berenergi yang mengandung vitamin C dosis tinggi karena jika sudah menjadi kecanduan akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal yang nantinya gagal ginjal jika sudah gagal ginjal maka akan menyebabkan kematian. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar