Skip to main content

4 Mitos Tentang Manfaat Air Kelapa

Air kelapa merupakan air yang berasal dari dalam buah kelapa. Banyak orang mengkonsumsi air kelapa, terutama air kelapa muda dikarenakan rasanya yang manis dan menyegarkan. Anda pun tentu sudah sering mendengar sedikit banyaknya tentang manfaat dari Air kelapa tentu sangat banyak yang dapat diperoleh oleh tubuh kita. Namun dibalik segudang manfaat dari Air kelapa, Anda tentu harus mengetahui pula ada beberapa Mitos Tentang Manfaat Air Kelapa yang perlu diluruskan.

4 Mitos Tentang Manfaat Air Kelapa

4 Mitos Tentang Manfaat Air Kelapa, buah kelapa

1. Minuman ideal setelah olah raga
Karena mangandung sejumlah elektrolit, banyak yang mengira air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun jika berolahraga ringan cukup dengan air mineral biasa, tubuh bisa tetap sehat sepanjang hari. “Meskipun rendah gula dan kalori, tapi air kelapa bukanlah minuman olahraga yang sempurna.” ujar Marjorie Nolan, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.
2. Mengandung hidrat-arang
“Sebenarnya air kelapa tidak mengandung banyak elektrolit, dan hingga saat ini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mengandung hidrat arang lebih banyak dari air biasa.” ungkap Beth Thayer, RD, juru bicara Akademi Gizi dan Diet. Air minum biasa mengandung 0 kalori, sedangkan air kelapa mengandung 46 kalori per cangkirnya.
3. Mencegah stroke dan jantung
Air kelapa memang sering disebut-sebut sebagai minuman sehat untuk jantung. Sebenarnya kandungan kalium dalam air kelapa dengan kalium alam pisang dan kentang berbeda. “Sumber kalim dari pisang dan kentang memang baik untuk jantung, namun kalium dalam air kelapa bukan untuk menyembuhkan penyakit jantung.” tambah Thayer.
4. Mempercepat metabolisme 
Saat mengalami dehidrasi, metabolisme tubuh akan melambat. Sebenarnya tidak hanya air kelapa mampu membantu menjaga metabolisme tubuh, air biasapun bisa. Dan sebenarnya olahraga adalah cara untuk meningkatkan matabolisme tubuh, bukan makanan atau minuman.
Walaupun begitu Air Kelapa tetap mempunyai segudang manfaat yang bisa Anda peroleh, hanya saja ada beberapa orang yang salah mengartikan dari khasiat air kelapa. Semoga 4 Mitos Tentang Manfaat Air Kelapa bisa menambah wawasan Anda tentang kesehatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar